Entri Populer

Sabtu, 20 Agustus 2011

KEPRIBADIAN NASYIATUL 'AISYIYAH


MATAN DAN MISI KEPRIBADIAN NASYIATUL AISYIYAH

Kepribadian Nasyiatul Aisyiyah adalah keseluruhan jiwa raga yang dimiliki Nasyiatul Aisyiyah baik individu maupun jamaah, sebagai putri-putri islam yang berperan sebagai kader umat, kader persyarikatan dan kader bangsa yang tercermin dalam perbuatan, sikap dan akhlaknya. Secara utuh, matan kepribadiaan Nasyiah dapat diketahui sebagaii berikut:

1.    Hakekat dan Misi Nasyiatul Aisyiyah

        Nasyiatul Aisyiyah adalah organisasi otonom dan kader Muhammadiyah yang merupakan gerakan putri Islam, ialah menggerakkan putrid-putri Islam untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam serta mengajak dan mengarahkan orang lain sesuai dengan tuntunan Al Qur’an dan As Sunah menuju terbentuknya putrid Islamyang berakhlaqul karimah.
        Dengan gerakan tersebut Nasyiatul Aisyiyah bermaksud membina dan membentuk putri Islam yang berarti bagi agama, bangsa dan negara menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT. Dengan demikian Nasyiatul Aisyiyah senantiasa mengemban amanah sebagai kader umat, kader persyarikatan dan kader bangsa yang akan melangsungkan perjuangan umat Islam dan bangsa Indonesia melalui persyarikatan Muhammadiyah.
Kesemuanya itu dilaksanakan atas dasar musyawarah dengan senantiasa mengharap ridho Allah semata.

2.    Dasar Usaha dan Perjuangan Nasyiatul Aisyiyah

        Dalam melaksanakan usahanya menuju terbentuknya pribadi putri Islam yang berarti bagi agama, bangsa dan negara, serta menjalankan fungsinya sebagai kader umat, kader persyarikatan, dan kader bangsa, Nasyiatul Aisyiyah mendasarkan usaha dan perjuangannya diatas prinsip-prinsip yang terkandung dalam Muqodimah Anggaran Dasarnya, yaitu:
  1. Hidup manusia harus berdasar taukhid, ibadah dan tat kepada Allah SWT.
  2. Menunaikan kewajiban terhadap agama, bangsa dan negara serta rumah tangga, agar terwujud masyarakat yang indah bersih, suci dan makmur dibawah lindungan Tuhan Yang Maha Pengampun
  3. Berakhlaqul karimah, memuliakan agama, suka dan ikhlas bekerja karena Allah serta senantiasa berjuang dengan gembira
  4. Melancarkan Dakwah Islam, amar ma’ruf nahi munkar
  5. Melancarkan amal usaha dan perjuangan, serta meningkatkan funsi dan peran Nasyiatul Aisyiyah sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna perjuangan Muhammadiyah/ Aisyiyah

3.    Pedoman Usaha dan Perjuangan Nasyiatul Aisyiyah

        Berdasarkan prinsip-prinsip tersebut diatas, maka segala usaha dan perjuangan Nasyiatul Aisyiyah dalam mencapai tujuannya, harus berpedoman kepada “ Berpegang teguh kepada Al Qur’an dan Al Sunnah bergerak  membentuk pribadi putrid Islam yang mampu membangun masyarakat utama, dengan menggunakan cara serta menempuh jalan yang diridhoi Allah SWT.”


4.    Sifat Nasyiatul Aisyiyah

        Berdasarkan pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam (1) hakekat dan misi Nasyiatul Aisyiyah, (2) dasar usaha dan perjuangannya, (3) pedoaman usaha dan perjuangannya, maka Nasyiatul Aisyiyah memiliki  dan wajib  memelihara sifat-sifatnya  sebagai jamaah maupun pribadi, terutama sifat-sifat sebagai berikut:
  1. Beramal dan berjuang untuk terwujudnya pribadi putri Islam yang berakhlaqul karimah serta bertanggung jawab terhadap agama, bangsa dan negara serta rumah tangga.
  2. Menjadi pelopor, pelangsung dan penyempurna perjuangan Muhammadiyah
  3. Bersifat keagamaan, kemasyarakatan dan kepemudaan (keputrian)
  4. Mengindahkan segala hukum., undang-undang, peraturan serta dasar dan falsafah  negara yang sah
  5. Amar ma’ruf nahi munkar disegala lapangan dan menjadi teladan yang baik
  6. Bersifat adil serta korektif ke dalam dan keluar dengan bijaksana

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar